Kamis, 11 Oktober 2012

Jenis dan Ukuran Stick Drum

Pemilihan Jenis dan Ukuran Stick Drum

Di pasaran, banyak kita jumpai berbagai macam jenis dan ukuran stick drum. Lalu bagaimana cara memilih stick drum yang ideal bagi kita?
Di pasaran, kita menemukan bahwa ukuran stick drum dibedakan berdasarkan ukuran, seperti 5A, 5B, 7A dan seterusnya. Apa maksudnya?
Angka di depan menunjukan ukuran dari stick tersebut. Semakin kecil angkanya, semakin besar ukuran tersebut. Misalnya, ukuran 5A lebih besar dibandingkan dengan ukuran 7A.
Untuk huruf yang tertera dibelakang angka, pada awalnya sebenarnya untuk menandakan aplikasi dari stick drum tersebut.
Untuk stick drum model “A” sebenarnya mempunyai arti “Orchestra”. Stick drum model ini pada awalnya didesain untuk big band, orchestra atau jenis musik yang soft. Ukurannya lebih kecil dibandingkan dengan stick drum model “B”.
Untuk stick drum model “B” sebenarnya mempunyai arti “Band”. Pada awalnya stick drum model ini untuk aplikasi band. Stick drum model ini sangat mudah untuk pengontrolannya dan merupakan rekomendasi untuk drummer pemula.
Untuk stick drum model “S” sebenarnya mempunyai arti “Street”. Stick jenis ini sebenarnya untuk aplikasi “berjalan”, seperti drum corps dan marching band. Stick model ini adalah model stick yang ukurannya paling besar dibandingkan dengan stick model lainnya.
Bagian-bagian anatomi dari stick drum adalah sebagai berikut:









1. Butt, bagian ini adalah bagian yang paling penting dari keseimbangan dari sebuah stick drum. Bagian ini juga bias digunakan sebagai batter apabila diperlukan power dan volume yang lebih besar.
2. Body, bagian ini adalah bagian utama dari stick drum. Beberapa pabrikan menambah beberapa modifikasi pada bagian ini.
3. Shoulder, shoulder adalah bagian dari stick drum yang digunakan oleh para drummer untuk memukul cymbal crash atau rim shot.
4. Taper, taper adalah bagian paling ujung dari shoulder, panjang dan ketebalan dari taper menentukan dari “kelenturan” dan “rasa” dari stick tersebut. Stick yang bagian tapernya kecil, akan menghasilkan suara yang lebih besar dan durabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan bagian taper yang lebih panjang.
5. Tip, tip adalah bagian paling ujung dari stick. Untuk bagian ini dibagi lagi menjadi beberapa jenis. Berdasarkan jenis bahannya dibagi menjadi 2, yaitu tip kayu (wood tip) dan tip plastic (nylon tip). Bentuk tip yang biasa kita temui di pasaran adalah sebagai berikut:

- Round tip.









Untuk jenis round tip yang kecil biasanya digunakan untuk menghasilkan suara yang lebih bright dan focus, terutama apabila memukul cymbal.

- Barrel tip.








Barel tip mempunyai kontak area yang lebih besar dibandingkan jenis round tip.

- Pointed atau Triangle tip.








Tip jenis ini menghasilkan focus suara yang medium.

- Tear drop atau Olive tip.









Untuk tip jenis ini menghasilkan suara low yang sangat full, sangat cocok untuk hard hitter drummer.

Sedangkan untuk tip yang terbuat dari nylon menghasilkan suara yang lebih bright dibandingkan dengan tip yang terbuat dari kayu. Dan keuntungan dari tip nylon adalah durabilitasnya, tip nylon tidak akan menipis walaupun sering digunakan.
Jenis kayu yang biasa digunakan oleh pabrikan drum adalah sebagai berikut:

1. Maple.
Maple adalah kayu yang paling ringan yang digunakan sebagai bahan pembuat stick drum. Stick drum yang terbuat dari kayu meple cocok digunakan untuk permainan dengan response yang cepat.

2. Hickory.
Hickory adalah jenis kayu yang paling popular untuk digunakan sebagai bahan pembuat stick. Jenis kayu ini lebih berat dibandingkan dengan kayu maple, tapi menghasilkan durabilitas yang lebih baik dan menghasilkna suara yang lebih baik.

3. Japanese Oak.
Jenis kayu ini lebih berat lagi dibandingkan dengan jenis kayu hickory.


Memilih Stick Yang Ideal

Bagaimana cara memilih stick drum yang ideal? Yang paling utama adalah aplikasinya, bermain untuk musik apa dan bermain di venue seperti apa. Pemilihan ukuran, jenis kayu dan tip disesuaikan dengan musik yang akan dimainkan tempat untuk bermain. Misalnya, stick drum ukuran 7A ideal digunakan untuk bermain di ruang tertutup dengan suara yang soft, bukan untuk bermain musik yang keras di lapangan terbuka.
Perhatikan diameter, panjang dan beratnya. Diameter stick drum menentukan kenyamanan tangan pada saat bermain drum, karena itu harus disesuaikan dengan ukuran tangan. Sedangkan panjang stick lebih kepada jangkauan, stick yang lebih panjang pasti mempunya jangkauan yang lebih luas dalam pengaplikasiannya di drum set.
Sedangkan berat dari stick drum menentukan tone dan power, semakin berat stick, maka semakin keras suara yang akan dihasilkan.
Sebelum membeli stick drum, periksa dulu tingkat kelurusannya. Cara memeriksanya adalah gelindingkan stick drum di permukaan yang rata, apabila stick tersebut lurus, maka stick tersebut akan mengelinding dengan mulus. Apabila stick drum tersebut bengkok, maka stick tersebut akan memutar dengan tersendat-sendat. Tingkat kelurusan stick sangat mempengaruhi dalam tingkat presisi dalam memukul.
 
sumber : http://indonesialocaldrumtech.blogspot.com/2009/07/pemilihan-jenis-dan-ukuran-stick-drum_22.html

1 komentar: